Rabu, 02 Juli 2008

konservatif??!!!

tiba-tiba gw teringat dengan percakapan yang pernah gw lakukan dengan david 05.
itu saat2nya gw senang bertukar pendapat dan mencoba menggali pendapat gw akan segala hal.
oya, yang gw tulis di sini cuma apa yang ada dalam pikiran gw. gw nulisnya spontan krn teringat hal itu. Gw masih dalam masa pertumbuhan, jadi wajar dong kalo perkembangan pemikiran gw masih di tahap awal.

ok, gw mulai dengan menceritakan percakapan yang terjadi itu, potongan-potongan aja ya:

gw: Gw ga pernah suka dengan yang namanya perubahan. Untuk apa sesuatu itu diubah? kalau kata orang untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik. Tapi kita kan tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja sesuatu yang kita ubah itu malah menjadi lebih buruk.
Dvd: Kalau begitu caranya, berarti lo menutup kemungkinan sesuatu hal menjadi lebih baik di kemudian hari.

Gw adalah orang yang sangat konservatif. dan gw ga ngerasa ada sesuatu yang salah dengan itu. Kenapa mahasiswa2 dengan gembar-gembornya selalu mengatakan "ini harus diubah! itu harus diubah!"? Kenapa gw jadi ngerasa orang-orang di sekeliling gw lebih menghargai orang yang dengan ambisiusnya menyongsong perubahan daripada orang yang konservatif padahal keduanya terbukti berkomitmen (setidaknya gw ngerasa gitu).

makanya gw di sini memberikan pandangan dari seseorang yang konservatif.
Beberapa sebab gw ga suka perubahan:
1. Kita sudah punya sistem yang setidaknya sudah matang (kalau arti kata perubahan sesuai dengan yang ada dalam kepala gw)
melakukan perubahan sementara kita sudah memiliki sistem yang matang sama saja artinya kita memulai segalanya dari nol lagi. Sama saja artinya kita membuang semua feedback, semua pengalaman, dan semua kebaikan yang telah kita dapatkan dari sistem yang lama. gw lebih setuju memperbaiki sistem yang lama menjadi lebih baik. toh kita sudah memahami dengan baik positif dan negatifnya sehingga kita tinggal memperbaiki hal-hal yang kurang.

2. risiko yang diambil terlalu berbahaya
seperti yang tergambarkan dalam percakapan di atas. kita ga tahu bakal jadi lebih baik atau jadi lebih buruk. dan gw ga mau mengambil risiko kalau sesuatu yang setidaknya udah matang, malah jadi lebih buruk hanya karena kita ingin membuatnya jadi lebih baik dengan cara membuatnya...

___Sekian___

Tidak ada komentar: